Monday, September 4, 2017

Mengatasi “Cannot Locate The Microsoft Visual FoxPro” RKAKLDIPA DLL

Pernah ngalami kendala muncul pop-up window bertuliskan Cannot locate the microsoft visual FoxPro support library? Hal ini biasanya muncul ketika menjalankan aplikasi berbasis visual foxpro dan terjadi kesalahan atau software yang digunakan tidak kompatibel. Pada sistem operasi windows XP biasanya jarang kita dapati notification seperti ini, dan lebih sering ditemukan di sistem operasi Windows 7 atau Windows 8.

Saya pernah mengalami hal tersebut ketika memasang aplikasi RKA-KL DIPA 2016 menggunakan sistem operasi Windows 8. Setelah install aplikasi dan database, pada saat dijalankan muncul notif seperti ini:

Pesan error diatas muncul karena membutuhkan file MSVCR71.DLL, VFP9R.DLL, dan VFP9RENU.DLL,versi terbaru yang kompatibel dengan sistem operasi yang digunakan. Dan ternyata, cara mengatasinya cukup mudah. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan:


1. Unduh file dibawah ini:
MSVCR71.DLL (unduh)
VFP9R.DLL (unduh)
VFP9RENU.DLL (unduh)

2. Setelah terunduh semua, copy dan paste ketiga file tersebut di folder aplikasi yang digunakan (saya gunakan adalah aplikasi RKAKLDIPA2016).
3. Karena ada file yang sama, biasanya akan muncul kotak dialog seperti ini.


4. Pilih replace untuk menimpa file yang sudah ada sebelumnya.

5. Alhamdulillah selesai, dan aplikasi dapat dijalankan.

Demikian, semoga bermanfaat.

sumber : fahrudinspsi.blogspot.co.id

0 comments:

Post a Comment